Bombastiz
  • Home
  • Recent Photos

    image
    image
    image

    Penerapan Data Mining Di Bidang Pasar dan Perusahaan

    Penerapan Data Mining
    Di Bidang Pasar dan Perusahaan



             Data Mining adalah proses pencarian otomatis terhadap pola dalam data dalam jumlah besar dengan menggunakan perangkat seperti klasifikasi, penggugusan (clustering), dll. Penambangan data adalah suatu topik yang kompleks dan berpautan dengan berbagai bidang inti seperti ilmu komputer dan memberikan nilai tambah dari teknik komputasi lain seperti statistika, pengambilan informasi, pembelajaran mesin, dan pengenalan pola. Data mining diterapkan dengan paradigma untuk melihat informasi yang tersembunyi.
    Analisa Pasar dan Manajemen
                Untuk analisa pasar, banyak sekali sumber data yang dapat digunakan seperti transaksi kartu kredit, kartu anggota club tertentu, kupon diskon, keluhan pembeli, ditambah dengan studi tentang gaya hidup publik.
                Beberapa solusi yang bisa diselesaikan dengan data mining diantaranya:
    • Menembak target pasar
    Data mining dapat melakukan pengelompokan (clustering) dari model-model pembeli dan melakukan klasifikasi terhadap setiap pembeli sesuai dengan karakteristik yang diinginkan seperti kesukaan yang sama, tingkat penghasilan yang sama, kebiasaan membeli dan karakteristik lainnya.
    • Melihat pola beli pemakai dari waktu ke waktu
    Data mining dapat digunakan untuk melihat pola beli seseorang dari waktu ke waktu. Sebagai contoh, ketika seseorang menikah bisa saja dia kemudian memutuskan pindah dari single account ke joint account (rekening bersama) dan kemudian setelah itu pola beli-nya berbeda dengan ketika dia masih bujangan.
    • Cross-Market Analysis
    Kita dapat memanfaatkan data mining untuk melihat hubungan antara penjualan satu produk dengan produk lainnya. Berikut ini saya sajikan beberapa contoh:
    o   Cari pola penjualan Coca Cola sedemikian rupa sehingga kita dapat mengetahui barang apa sajakah yang harus kita sediakan untuk meningkatkan penjualan Coca Cola?
    o   Cari pola penjualan IndoMie sedemikian rupa sehingga kita dapat mengetahui barang apa saja yang juga dibeli oleh pembeli IndoMie. Dengan demikian kita bisa mengetahui dampak jika kita tidak lagi menjual IndoMie.
    o   Cari pola penjualan
    • Profil Customer
    Data mining dapat membantu Anda untuk melihat profil customer/pembeli/nasabah sehingga kita dapat mengetahui kelompok customer tertentu suka membeli produk apa saja.
    • Identifikasi Kebutuhan Customer
    Anda dapat mengidentifikasi produk-produk apa saja yang terbaik untuk tiap kelompok customer dan menyusun faktor-faktor apa saja yang kira-kira dapat menarik customer baru untuk bergabung/membeli.
    • Menilai Loyalitas Customer
    VISA International Spanyol menggunakan data mining untuk melihat kesuksesan program-program customer loyalty mereka. Anda bisa lihat di www.visa.es/ingles/info/300300.html
    • Informasi Summary
    Anda juga dapat memanfaatkan data mining untuk membuat laporan summary yang bersifat multi-dimensi dan dilengkapi dengan informasi statistik lainnya.
    Analisa Perusahaan dan Manajemen Resiko
    • Perencanaan Keuangan dan Evaluasi Aset
    Data Mining dapat membantu Anda untuk melakukan analisis dan prediksi cash flow serta melakukan contingent claim analysis untuk mengevaluasi aset. Selain itu Anda juga dapat menggunakannya untuk analisis trend.
    • Perencanaan Sumber Daya (Resource Planning)
    Dengan melihat informasi ringkas (summary) serta pola pembelanjaan dan pemasukan dari masing-masing resource, Anda dapat memanfaatkannya untuk melakukan resource planning.
    • Persaingan (Competition)
    o   Sekarang ini banyak perusahaan yang berupaya untuk dapat melakukan competitive intelligence. Data Mining dapat membantu Anda untuk memonitor pesaing-pesaing Anda dan melihat market direction mereka.
    o   Anda juga dapat melakukan pengelompokan customer Anda dan memberikan variasi harga/layanan/bonus untuk masing-masing grup.
    o   Menyusun strategi penetapan harga di pasar yang sangat kompetitif. Hal ini diterapkan oleh perusahaan minyak REPSOL di Spanyol dalam menetapkan harga jual gas di pasaran.










    Tulisan 3 - Cara menginstall game iPod Touch

           Sebelum menjelaskan bagaimana cara menginstall game untuk iPod Touch, saya akan memberitahukan apa saja yang harus ada didalam komputer kamu .
    1. Harus mempunyai software untuk mengkoneksi antara iPod Touch dengan PC, softwarenya yaitu iTunes. Jika kalian belum mempunyai iTunes di PC anda. Silahkan mengunduh iTunes disini.
    2. PC anda harus terkoneksi dengan yang namanya menu yang terdapat dalam iTunes yaitu iTunes Store. Anda diharuskan register iTunes anda, dengan cara yang sama ketika kita ingin membuat e-mail.
    3. Sediakan kabel koneksi antara PC dengan iPod Touch anda, biasanya kabel ini terdapat didalam box atau kotak iPod Touch anda
          Setelah anda melakukan 3 intruksi diatas, saatnya menginstall Game di iPod Touch anda :
    1. Install iTunes yang ada di PC anda atau yang anda unduh, kemudian lakukan penginstall software sama dengan anda menginstall software lain.
    2. Setelah melakukan penginstallan iTunes, anda lakukan instruksi nomor 3 diatas. Pastikan internet anda aktif, karena untuk mendaftarkan iTunes anda secara on-line.
    3. Setelah anda selesai mendaftar melalui iTunes Store, anda masuk ke e-mail anda yang anda terakan disaat melakukan pendaftaraan. Jika ada pesan balasan dari apple, klik alamat link tersebut yang berguna untuk mengkonfirmasikan data-data yang anda masukkan saat pendaftaraan iTunes anda.
    4. Kemudian anda masuk ke dalam iTunes Store yang mana terdapat didalam iTunes, lalu anda login sesuai dengan username dan password yang anda buat.
    5. Setelah login anda bisa melihat disebelah kanan (dari arah depan PC) terdapat pilihan ada yang free app, free games, maupun yang games dan aplikasinya bayar.
    6. Untuk yang free app dan free games langsung klik saja mana yang anda inginkan, kemudian anda download games atau application yang menurut anda baik, secara langsung akan terdownload didalam iTunes anda, cara bagaimana anda mengetahui atau tidak bahwa games atau application sudah terdownload anda lihat disebelah kiri(dari arah depan PC)iTunes terdapat menu Applications, pilih menu tersebut dan games atau application yang anda unduh terlihat didalam menu tersebut, jika tidak ada berarti game dan application tersebut belum selesai didownload yang mana terlihat didalam menu download yang letak menunya dibawahnya iTunes Store.
    7. Koneksikan iPod Touch anda dengan PC, kemudian iPod Touch anda akan muncul didalam iTunes. Kemudian uncheck list sync only checked songs and videos terus check list manually manage music and videos. Setelah itu, pilih menu yang ada diatas iTunes yaitu menu Store kemudian pilih Authorize Computer . Lalu anda masuk kembali kedalam device iPod Touch anda, kemudian pilih menu Applications didalam menu Applications akan langsung muncul aplikasi-aplikasi atau games yang sudah anda unduh, jika tidak ada check list  sync apllications. Setelah itu anda klik sync yang terdapat dibawah kanan (dari arah depan PC). Secara langsung games dan aplikasi-aplikasi yang terdapat didalam iTunes anda akan terinstall ke dalam iPod Touch anda.


    Selamat Mencoba dan SEMOGA BERHASIL !!! ^^

    Tugas 3 Bioinformatika

        Bioinformatika (bahasa Inggrisbioinformatics) adalah (ilmu yang mempelajari) penerapan teknikkomputasional untuk mengelola dan menganalisis informasi biologis. Bidang ini mencakup penerapan metode-metode matematikastatistika, dan informatika untuk memecahkan masalah-masalah biologis, terutama dengan menggunakan sekuens DNA dan asam amino serta informasi yang berkaitan dengannya. Contoh topik utama bidang ini meliputi basis data untuk mengelola informasi biologis, penyejajaran sekuens (sequence alignment), prediksi struktur untuk meramalkan bentuk struktur protein maupun struktur sekunder RNA, analisis filogenetik, dan analisis ekspresi gen.

    SEJARAH
        Istilah bioinformatics mulai dikemukakan pada pertengahan era 1980-an untuk mengacu pada penerapan komputer dalam biologi. Namun demikian, penerapan bidang-bidang dalam bioinformatika (seperti pembuatan basis data dan pengembangan algoritma untuk analisis sekuens biologis) sudah dilakukan sejak tahun 1960-an.
        Kemajuan teknik biologi molekular dalam mengungkap sekuens biologis dari protein (sejak awal 1950-an) dan asam nukleat (sejak 1960-an) mengawali perkembangan basis data dan teknik analisis sekuens biologis. Basis data sekuens protein mulai dikembangkan pada tahun 1960-an di Amerika Serikat, sementara basis data sekuens DNA dikembangkan pada akhir 1970-an di Amerika Serikat dan Jerman (pada European Molecular Biology Laboratory, Laboratorium Biologi Molekular Eropa). Penemuan teknik sekuensing DNA yang lebih cepat pada pertengahan 1970-an menjadi landasan terjadinya ledakan jumlah sekuens DNA yang berhasil diungkapkan pada 1980-an dan 1990-an, menjadi salah satu pembuka jalan bagi proyek-proyek pengungkapan genom, meningkatkan kebutuhan akan pengelolaan dan analisis sekuens, dan pada akhirnya menyebabkan lahirnya bioinformatika.
        Perkembangan internet juga mendukung berkembangnya bioinformatika. Basis data bioinformatika yang terhubung melalui internet memudahkan ilmuwan mengumpulkan hasil sekuensing ke dalam basis data tersebut maupun memperoleh sekuens biologis sebagai bahan analisis. Selain itu, penyebaran program-program aplikasi bioinformatika melalui internet memudahkan ilmuwan mengakses program-program tersebut dan kemudian memudahkan pengembangannya.


    BIDANG KEDOKTERAN
          Di kedokteran bioinformatika berperan dalam menangani manajemen data klinis pasien (contohnya data analisa diagnosa laboratorium, hasil konsultasi dan saran, foto ronsen, dll). selain itu juga berperan untuk diagnosa penyakit dan juga untuk penemuan obat penyakit. karena itulah dunia biologi dan kedokteran tidak akan jalan tanpa adanya bioinformatika.

    Tutorial Game DropOff Menggunakan J2ME.

    Cara membuat game DropOff menggunakan J2ME (Java 2 Micro Edition), sebelum membuat game J2ME tersebut kita harus mengetahui apa itu J2ME? J2ME merupakan bahasa pemrograman yang dikhususkan untuk mobile, J2ME sendiri bagian dari bahasa pemrograman java.
          Sebelum membuat game ini, pastikan PC atau Laptop anda sudah terinstall JDK, Sun Java (TM) Wireless Toolkit dan Editor java(misalnya : Notepad, Jcreator, crimson, dll.). JDK berguna untuk disini saya menggunakan jdk-6u6-windows-i586-p, Sun Java(TM) Wireless Toolkit berguna sebagai emulator yang bertujuan untuk menampilkan output disini saya menggunakan Sun Java(TM) Wireless Toolkit 2.5.2 dan editor berguna untuk tempat penulisan script program disini saya menggunakan JCreator 3.50.
       Untuk membuat game DropOff ini menggunakan 3 file yaitu dropOff.java, dropOffCanvas.java, GameThread.java (disarankan besar kecil huruf sama seperti saya), berikut ini cara-cara untuk membuat ketiga file tersebut :

    Langkah 1 : Setelah semua yang dibutuhkan untuk pembuatan game ini, maka anda buka Jcreator (disini saya menggunakan Jcreator) kemudian pilih File/New/File..(ctrl+N) kemudian akan muncul seperti ini :

            
    Langkah 2 : Kemudian didalam name ketikkan DropOff yang artinya name file tersebut bernama DropOff, setelah itu klik finish berikut ini tampilannya :



    Langkah 3 : Didalam kolom yang ditunjuk tanda panah tempat untuk menulis program, ketikkan program tersebut sesuai dengan yang dibawah ini :
    See more...


    dropOff.java 


    package dropOff;
    import java.util.*;
    import javax.microedition.midlet.*;
    import javax.microedition.lcdui.*;

    /**
     * This is the main class of the mini games.
     *
     * @author Jeremiah McLeod
     */
    public class dropOff extends MIDlet implements CommandListener {

      private Command myExitCommand = new Command("Exit", Command.EXIT, 99);

      private Command myPauseCommand = new Command("Pause", Command.SCREEN, 1);
      
      private Command myGoCommand = new Command ("Go",Command.SCREEN, 1);
      
      private Command myNewGameCommand = new Command ("New Game",Command.SCREEN,1);
      
      private long pauseTime;
      
       //* the the canvas that all of the game will be drawn on.
       //*/
      dropOffCanvas myDropOffCanvas;
      
      /**
       * the thread that advances the animation
       */
      GameThread myGameThread;

      //-----------------------------------------------------
      //    initialization and game state changes

      /**
       * Initialize the canvas and the commands.
       */
      public dropOff () {
        pauseTime=0;
        myDropOffCanvas = new dropOffCanvas(this);
    myDropOffCanvas.addCommand(myExitCommand);
       myDropOffCanvas.addCommand(myGoCommand);
       myDropOffCanvas.setCommandListener(this);

       


      }
      //----------------------------------------------------------------
      //  implementation of MIDlet

      /**
       * Start the application.
       */
      public void startApp() throws MIDletStateChangeException {
         myGameThread = new GameThread(myDropOffCanvas);
         myDropOffCanvas.start();
        
        myGameThread.go();
      }
      /**
       * stop and throw out the garbage.
       */
      public void destroyApp(boolean unconditional)
          throws MIDletStateChangeException {
        myGameThread.requestStop();
        myGameThread = null;
        myDropOffCanvas = null;
        System.gc();
      }

      public void pauseApp() {



        myGameThread.pause();
      }

    public void setMyPauseCommand () {



    }



    public void setMyGoCommand () {
    myDropOffCanvas.removeCommand (myPauseCommand);
    myDropOffCanvas.addCommand (myGoCommand);

    }

    public void setMyNewGameCommand () {



    }
      //----------------------------------------------------------------
      //  implementation of CommandListener

      /*
       * Respond to a command issued on the Canvas.
       */
      public void commandAction(Command c, Displayable s) {
        int p,t;

       if (c == myExitCommand) {
          try {
    destroyApp(false);
    notifyDestroyed();
          } catch (MIDletStateChangeException ex) {
          }
        }
       
        else if (c==myGoCommand) {
    myDropOffCanvas.go=true;
    if (myDropOffCanvas.gameOver==true) myDropOffCanvas.newGame();
    myDropOffCanvas.removeCommand(myGoCommand);
    myDropOffCanvas.addCommand(myPauseCommand);



    }
    else if (c==myPauseCommand) {
    pauseTime=System.currentTimeMillis();
    myDropOffCanvas.go=false;
    myDropOffCanvas.removeCommand (myPauseCommand);
    myDropOffCanvas.addCommand (myGoCommand);
      }
    }//commandlistener
    }

    dropOffCanvas.java

    //Author Jeremiah McLeod xdebugx
    package dropOff;
    import java.util.*;
    import javax.microedition.lcdui.*;
    //import javax.microedition.lcdui.game.*;
    public class dropOffCanvas extends Canvas {
      static int CORNER_X;
      static int CORNER_Y;
      static int width;
      static int height;
      static int DISP_WIDTH;
      static int DISP_HEIGHT;
      Display myDisplay;
      dropOff myMiniGames;

      static boolean go;


      Random myRandom;

      boolean myInitialized;

      Font FONT;

      public boolean gameOver;

      private int counter,lCounter;

      private int lineShrinkage;

    public int slow;

    private boolean rep;

      private boolean notBuffered;

        private Image imgDoubleBuffer;

        private Graphics doubleBuffer;

      private int ballWidth,ballHeight,holeWidth,ballX,ballY;

      private long nextLineTime;

      private long gameStartTime,speedUpTime,currentRiseTime;

      private line lines[];

      private int numLines,nextLineHeight;

      private int lineWidth,moveWidth;

      private boolean moveLeft,moveRight,lineWidthAdd;

      private int score,scorePlaceX,scorePlaceY;

     public dropOffCanvas(dropOff midlet) {
        myDisplay = Display.getDisplay(midlet);
        myMiniGames = midlet;
        myInitialized=false;
        go=false;
        notBuffered=false;
      }
      void start() {
        myDisplay.setCurrent(this);
        repaint();
      }
      void reset() {
         }
      void flushKeys() {
      }
      //-------------------------------------------------------
      //  graphics methods
      /**
       * paint the game graphic on the screen.
       */
      public void paint(Graphics g) {
        int p,t;
        Graphics saved=null;
        // perform the calculations if necessary:
        if(!myInitialized) {
    if( !isDoubleBuffered()) notBuffered=true;
    //notBuffered=true;
     moveLeft=false;
        moveRight=false;
     FONT = g.getFont();
          CORNER_X = g.getClipX();
          CORNER_Y = g.getClipY();
          width = g.getClipWidth();
          height = g.getClipHeight();
       //  width=120;
       //  height=75;
          DISP_WIDTH=width;
          DISP_HEIGHT=height;
        //  g.setFont (FONT.SIZE_SMALL);
          FONT=Font.getFont(FONT.getFace(),FONT.getStyle(),Font.SIZE_SMALL);
       g.setFont (FONT);
         ballWidth=floatReg (width,180,20);
         ballHeight=floatReg (height,177,20);

         holeWidth=floatReg (width,180,55);

         lineWidth=floatReg (height,177,3);
         lineWidth=(((height*10000)/177)*3);
         moveWidth=(((width*10000)/180)*4);

         lineShrinkage=ballHeight;

         if (moveWidth<1) moveWidth=1;
         if (lineWidth<1) lineWidth=1;

    lines=new line [15];

    scorePlaceX=width-FONT.stringWidth ("Score: 555555");
    scorePlaceY=FONT.getHeight();

          if (notBuffered==true) {
      imgDoubleBuffer=Image.createImage (width,height);
      doubleBuffer=imgDoubleBuffer.getGraphics ();
    }
          myRandom = new Random(System.currentTimeMillis());
    newGame();
          myInitialized = true;
        }

        else
        {
       g.setFont (FONT);
           if (notBuffered==true) {
    saved=g;
    g=imgDoubleBuffer.getGraphics();
    g.setFont (FONT);
    }

        if (go==false && gameOver==false) {
    g.setColor (0xffffffff);
    g.fillRect (0,0,width,height);
    g.setColor (0x00000000);
    g.drawString ("Drop Off",(width/2)-(FONT.stringWidth ("Drop Off")/2),(FONT.getHeight()*1),CORNER_X|CORNER_Y);
    g.drawString ("Use Left & Right",(width/2)-(FONT.stringWidth ("Use Left & Right")/2),(FONT.getHeight()*2),CORNER_X|CORNER_Y);
    g.drawString ("Or 4 & 6 Keys",(width/2)-(FONT.stringWidth ("Or 4 & 6 Keys")/2),(FONT.getHeight()*3),CORNER_X|CORNER_Y);
    g.drawString ("To Move Ball",(width/2)-(FONT.stringWidth ("To Move Ball")/2),(FONT.getHeight()*4),CORNER_X|CORNER_Y);
    g.drawString ("Stay Below the Top",(width/2)-(FONT.stringWidth ("Stay Below the Top")/2),(FONT.getHeight()*5),CORNER_X|CORNER_Y);
    g.drawString ("Go to Start",(width/2)-(FONT.stringWidth ("Go to Start")/2),(FONT.getHeight()*6),CORNER_X|CORNER_Y);
    }

    if (gameOver==true) {
    g.setColor (0xffffffff);
    g.fillRect (0,0,width,height);
    g.setColor (0x00000000);
    g.drawString ("Drop Off",(width/2)-(FONT.stringWidth ("Drop Off")/2),(FONT.getHeight()*1),CORNER_X|CORNER_Y);
    g.drawString ("Your Score: "+score,(width/2)-(FONT.stringWidth ("Your Score: "+score)/2),(FONT.getHeight()*2),CORNER_X|CORNER_Y);
    g.drawString ("Go To Restart",(width/2)-(FONT.stringWidth ("Go To Restart")/2),(FONT.getHeight()*3),CORNER_X|CORNER_Y);

    }

    if (go==true) {
    g.setColor (0xffffffff);
    g.fillRect (0,0,width,height);
    g.setColor (0x00000000);
    for (p=0;p
    g.drawLine (lines[p].line1X,(lines[p].y/10000),lines[p].line1X+lines[p].line1Width,(lines[p].y/10000));
    g.drawLine (lines[p].line2X,(lines[p].y/10000),lines[p].line2X+lines[p].line2Width,(lines[p].y/10000));
    }// p
    g.fillRoundRect ((ballX/10000),(ballY/10000),ballWidth,ballHeight,(ballWidth),(ballHeight));
    g.drawString ("Score: "+score,scorePlaceX,scorePlaceY,CORNER_X|CORNER_Y);

    }//else

    if (notBuffered==true) saved.drawImage (imgDoubleBuffer,0,0,CORNER_X|CORNER_Y);

    }//else
        } //paint

      //  game movements

      void advance() {


    int p,x1,x2,width1,width2;
            if (rep=true) repaint();
            rep=!rep;

      if (go==true && gameOver==false) {
     if ((ballY/10000)<0-(ballHeight/2)) {
     gameOver=true;
     myMiniGames.setMyGoCommand();
     go=false;
     }
        score=score+(21-((int) (currentRiseTime)));
        ballY=ballY+lineWidth;
        if ((ballY/10000)+ballHeight>height) ballY=(height-ballHeight)*10000;
        for (p=0;p
    if ((((ballX/10000)+ballWidth>=lines[p].line1X && (ballX/10000)lines[p].line2X && (ballX/10000)<=(lines[p].y/10000) && (ballY/10000)+ballHeight>=(lines[p].y/10000)) {
    ballY=lines[p].y-(ballHeight*10000)-10000;
    }
    }
    if (moveRight==true) ballX=ballX+moveWidth;
    if (moveLeft==true) ballX=ballX-moveWidth;

    if ((ballX/10000)+ballWidth>width) ballX=(width-ballWidth)*10000;


    if (ballX<0) ballX=0;


       counter++;


       if (counter>300) {
    if (currentRiseTime==5) slow=17;

    currentRiseTime-=3;
     if (currentRiseTime==5) slow=17;
     slow--; if (slow<5) slow=5;

    if (currentRiseTime<=2) {
    currentRiseTime=2;
    lineWidth+=500;
    }else  nextLineHeight+=lineShrinkage;

    counter = 0;
    }
    lCounter+=7;
    if (lCounter>=currentRiseTime) {
    lCounter=0;
    for (p=0;p
    }
        for (p=0;p
    if ((lines[p].y/10000)<=nextLineHeight && lines[p].lineSpawned==false) {
    x1=0;
     width1=getRandomInt (width-holeWidth);
     x2=x1+width1+holeWidth;
     width2=width-x2;

     lines [numLines]= new line (x1,x2,width1,width2,height);
     numLines++;
      lines[p].lineSpawned=true;
    }
    if ((lines[p].y/10000)<1) removeLine (p);
    }

    }


      }
      /**
       * Respond to keystrokes.
       */

       private void removeLine (int x) {
       int p;
       for (p=x;p
    lines[p]=lines[p+1];
      }
      lines[numLines-1]=null;
      numLines--;
      }

      public void keyReleased (int keyCode) {


      if (keyCode ==-4 || keyCode==RIGHT || keyCode==KEY_NUM6) {
       moveRight=false;

      }



      if (keyCode==-3 || keyCode==LEFT || keyCode==KEY_NUM4)   {


       moveLeft=false;
    }

    }//keyReleased



      public void keyPressed (int keyCode) {



       if (keyCode ==-4 || keyCode==RIGHT  || keyCode==KEY_NUM6) {


    moveRight=true;

    }



       if (keyCode==-3 || keyCode==LEFT || keyCode==KEY_NUM4)   {


    moveLeft=true;
    }
    }

      public void newGame () {


      int p,x1,x2,width1,width2;
    lCounter=0;
      lineWidthAdd=false;
      score=0;
      counter=0;
      x1=0;
      width1=getRandomInt (width-holeWidth);
      x2=x1+width1+holeWidth;
      width2=width-x2;
      for (p=0;p<15;p++) lines[p]=null;
      lines [0]= new line (x1,x2,width1,width2,height);
      numLines=1;

      gameStartTime=System.currentTimeMillis();

      nextLineHeight=0;
      currentRiseTime=20;
      ballX=(width/2-(ballWidth/2))*10000;
      ballY=0;
      gameOver=false;
      slow=10;
      rep=true;

      }



      private int floatReg (int org, int div, int mul) {


          int x=0;int oldX=0;

          org=org*10000;
          x=org/div;
          x=x*mul;
           x=x/10000;

          return (x);


          }

    public int getRandomInt(int upper) {


        int retVal = myRandom.nextInt() % upper;
        if(retVal < 0) {
          retVal += upper;
        }
        return(retVal);
      }

    }


    class line {
    public int line1X,line2X,line1Width,line2Width,y;
    public long riseTime;
    public boolean lineSpawned;

    public line (int l1X,int l2X,int l1Width,int l2Width,int lY)


    {

    line1X=l1X;


    line2X=l2X;
    line1Width=l1Width;
    line2Width=l2Width;
    y=lY*10000;
    riseTime=System.currentTimeMillis();
    lineSpawned=false;
    }

    }//class line
    GameThread.java

    package dropOff;
    /**
     * This class contains the loop that keeps the game running.
     *
     * @author Jeremiah McLeod xdebugx
     */
    public class GameThread extends Thread {

      //---------------------------------------------------------
      //   fields

      /**
       * Whether or not this thread has been started.
       */
      boolean myAlreadyStarted;

      /**
       * A handle back to the graphical components.
       */
      dropOffCanvas myDropOffCanvas;
       private long runTime,sleepTime;

        int MS_PER_FRAME=10;
      //----------------------------------------------------------
      //   initialization

      /**


       * standard constructor.
       */
      GameThread(dropOffCanvas canvas) {
        myDropOffCanvas = canvas;
      }
      //----------------------------------------------------------
      //   actions

      /**
       * start or pause or unpause the game.
       */
      void go() {
        if(!myAlreadyStarted) {
          myAlreadyStarted = true;
          start();
        } else {
        }
      }

      /**
       * pause the game.
       */
      void pause() {
      }

      /**
       * stops the game.
       */
      static void requestStop() {
      }

      /**
       * start the game..
       */
      public void run() {
          runTime=0;
          runTime=System.currentTimeMillis();
          while(true) {
          myDropOffCanvas.advance();
     MS_PER_FRAME=myDropOffCanvas.slow;
     sleepTime=System.currentTimeMillis()-runTime;
       if (sleepTime
       try
       {
        Thread.sleep((int) (MS_PER_FRAME-sleepTime));
       }
       catch (java.lang.InterruptedException e)
       {}
       } //if
        runTime=System.currentTimeMillis()+(System.currentTimeMillis()-runTime-MS_PER_FRAME);
     }// while
    }
    }

        Setelah semua file sudah terbuat maka anda langsung buka Sun Java(TM) Wireless Toolkit 2.5.2 untuk mengimplementasikan program tersebut. Berikut ini tampilannya :


          

          Kemudian klik open project, pilih folder droopOff dan akan muncul seperti dibawah ini:








          Setelah file droopOff terbuka, kemudian lakukan build :




          Setelah dibuild akan muncul seperti berikut ini :







          Kemudian setelah tahapan build selesai, klik Run untuk menjalankan game droopOff dan berikut inilah tampilan game droopOff:


    Selamat Mencoba !!!